Minggu, 16 Desember 2018

Tulisan 2 : Konteks Manajemen Proyek dan TI

Konteks Manajemen Proyek & TI

Dalam manajemen suatu proyek, pasti memiliki konsep terpadu yang akan menjadikan sebuah manajemen proyek itu dapan diterapkan dengan baik pada perusahaan. salah satunya adalah perusahaan TI (Teknologi Informasi). Kenapa? Karena dewasa ini, perkembangan teknologi informasi sangat berkembang pesat. Para pakar dan ahli dalam setiap perusahaan akan berlomba-lomba dalam menciptakan teknologi terbarunya untuk dijual ke khalayak umum dan tentunya dengan keuntungan sebesar-besarnya. 

Manajemen Proyek merupakan salah satu cara untuk memberikan pimpinan yang sedemikian baru dan rumitnya, sehingga mutlak diperlukan bentuk-bentuk kerjasama yang berlainan daripada yang biasanya diperlukan dan seringkali yang bersifat hierarki.

Kemajuan dunia komputer dan telekomunikasi yang sedemikian pesat telahmemaksa oraganisasi semacam perusahaan untuk membangun berbagai fasilitasteknologi informasi nya sebagai tulang punggung utama dalam mengembangkan sebuah system informasi perusahaan yang handal dan berkualitas

Contoh Proyek Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
  • Proyek pengembangan perangkat lunak sumber daya manusia
  • Proyek konstruksi jaringan komputer kantor pusat dan kantor cabang cabang
  • Perancangan system proyek pemesanan prosduk berbasis internet
  • Proyek pembuatan website atau homepage perusahaan
  • Proyek pengintegrasian dua buah system informasi yang berbeda
Konteks manajemen proyek merupakan, deskripsi detail mengenai lingkungan internal maupun eksternal dimana manajemen proyek tersebut dilaksanakan

Fase dan Siklus pada Konteks Manajemen proyek
  • Serangkaian aktivitas dapat dikatakan menjadi sebuah fase jiika pada akhir rangkaianterebut ditandai dengan adanya satu atau beberapa output tertentu. Contohnya adalahRancangan Infrastruktur jaringan 
  • Berakhirnya sebuah fase ditandai daengan evaluasi atau kajian terhadap output-outputtersebut yang kerap dihubungkan dengan kualitas dari keluaran tersebut.
Stakeholder
Proyek Merupakan individu atau sekumpulan orang atau unit organisasi yang secara aktif terlibat di dalam             penyelenggaraan sebuah proyek, dimana semua kepentingan mereka terlibat langsung atupun tidak langsung dalam pengelolaan sebuah proyek. Dalam proyek TI yang terdapat pada stakeholders adalah sebagai berikut
  1. Poject Management
  2. User
  3. Sponsor
  4. Organization
  5. Programmer dan System Analys
  6. Database Administrator, System Integrator dan Project Consultan 
Organisasi
Proyek merupakan sebuah bagian dari aktivitas sebuah organisasi seperti perusaahan sehingga kondisiatau seluk beluk manajemen perusahaan akan sangat berpengaruh terhadap penyelenggaraan ataupengelolaan sebuah proyek. 

Sumber:
Chan, K.C, dkk. 2003. Integrated Project Manajement. Yogyakarta : ANDI 
Mulyoto, Dana Persada dan Sartika Kurniali. 2013. Super Project Management, Jakarta : PT.Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Softskill : Aplikasi Android Pemesanan Warteg

Pemesanan Menu Warteg melalui  Aplikasi Android Pada dasarnya pemesanan warteg pada saat ini hanya bergantung pada sumber daya manusia. S...