Minggu, 16 Desember 2018

Tulisan 1 : Pengenalan Manajemen Proyek

Pengenalan Manajemen Proyek 

Sebelumnya adakah yang sudah mengenal apa itu Manajemen Proyek? Dalam suatu perusahaan pasti memiliki Manajemen Proyek yang terstruktur dan terorganisir, agar perusahaan tersebut dapat mencapai tujuannya. Nah, untuk mempelajarinya mari kita ke pembahasan Pengenalan Manajemen Proyek.

A. Proyek 
     Yang pertama adalah  Proyek. Apa itu Proyek?
     Proyek mempunyai makna suatu pekerjaan dengan sasaran lingkup kerja dan batasan waktu serta  anggaran terentu. Dalam proyek ada pihak yang memberi pekerjaan (sponsor), ada pihak yang  melaksanakan pekerjaaan (eksekutor) dan ada banyak pemangku kepentingan (skateholders) yang terkait pada suatu proyek. Proyek berakhir ketika tujuannya tercapai, atau proyek telah berakhir. Proyek bisa besar atau kecil dan memerlukan waktu singkat atau lama untuk diselesaikan.

Karakteristik umum pada suatu proyek:
  1. Batasan waktu
  2. Anggaran
  3. Mutu dan spesifikasi tertentu
Sifat proyek:
  •  Selalu memiliki awal dan akhir (sementara)
  • Lingkup tugas khusus dan spesifik
Proyek dalam Sistem Informasi & Teknologi Informasi

Kemajuan teknologi komputer dan telekomunikasi yang sangat pesat membuat berbagai perusahaan mau tidak mau mengikuti sistem yang semakin berkembang dengan peningkatan fasilitas dan ide-ide baru untuk mengembangkan sistem informasi perusahaan yang handal dan berkualitas.
Dengan demikian, perusahaan tersebut harus merencanakan sebuah proyek yang dapat membuat tujuan mereka tercapai.
Contoh proyek Sistem Informasi dan Teknologi Informasi antara lain :
  1. Proyek analisa kebutuhan sistem informasi manajemen perusahaan.
  2. Help desk atau pekerja teknis mengganti laptop untuk departemen kecil.
  3. Tim pengembangan proyek kecil menambahkan fitur baru pada aplikasi internal.
  4. Sebuah kampus meningkatkan infrastruktur teknologinya untuk menyediakan/menambah fasilitas pelayanan ke mahasiswa.
  5. Proyek pengembangan perangkat lunak sumber daya manusia.
  6. Proyek perancangan sistem pemesanan produk berbasis internet (E-commerce),dsb.

Contoh perbedaan antara proyek Sistem Informasi & TI dengan proyek industry lainnya :
  1. Melibatkan berbagai teknologi yang sangat cepat usang karena perkembangannya yang sedemikian cepat, semacam komputer, modem, software, CAD/CAM, dll.
  2. Membutuhakan beragam sumber daya manusia dengan spectrum kompetensi dan keahlian yang sangat bervariasi, seperti data entry, system administrator, programmer, system analyst, database specialists, network expert, content manager,
  3. Dsb.
B. Manajemen Proyek
Pengertian Manajemen Proyek
Manajemen proyek bermakna tata kelola manajerial dan teknik (cara atau metode) yang perlu diterapkan untuk mecapai keberhasilan pelaksanaan sebuah proyek.
Manajemen proyek sangat menekankan pada sisi non teknis seperti komunikasi, perencanaan, kepemimpinan, serta interaksi dan sinergi antar tim pelaksana dengan pihak terkait. 
Jadi, manajemen proyek adalah kombinasi penerapan pengetahuan, keahlian, peralatan, metodologi dan teknik di dalam proses pengelolaan dalam proyek sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan harapan berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholder), serta  seni yang bertujuan untuk memulai merencanakan dan menyelesaikan proyek dalam keterbatasan yang ada.

Aspek pemenuhan kepentingan :
  1. Aspek – aspek keseimbangan antara kualitas proyek yang diharapkan dengan keterbatasan biaya dan waktu.
  2. Aspek-aspek mempertemukan kebutuhan/keinginan dan harapan pihak-pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalamproyek yang kerap kali berbeda dan saling bertolak belakang.
  3. Aspek – aspek mendefinisikan dan menentukan dengan jelas dan tegas hal-hal yang diharapkan dari berlangsungnya sebuah proyek.

Kerangka Manajemen Proyek :
  1. Konteks Manajemen Proyek (Project Management Context), yang merupakan deskripsi detail mengenai lingkungan internal maupun eksternal dimana proyek manajemen dilakukan.
  2. Rangkaian Proses Manajemen Proyek (Project Management Processes),  yaitu gambaran umum mengenai bagaimana biasanya proses-proses dalam pengelolaan proyek tersebut dilaksanakan dan hubungan keterkaitan diantaranya.
  3. Aspek Pengetahuan Manajemen Proyek (Project Management Knowledge Areas), yang membahas pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh pelaku manajemen proyek.

 Itulah sepenggal Pengenalan Manajemen Proyek, manajemen proyek sangatlah penting dalam struktur perusahaan, sukses tidaknya perusahaan itu mencapai tujuannya dan menguasai pasar tergantung dengan manajemen yang ada.




SUMBER :
  1. Chan, K.C, dkk. 2003. Integrated Project Management. Yogyakarta : ANDI
  2. Mulyoto, Dana Persada dan Sartika Kurniali. 2013. Super Project Management. Jakarta : PT. Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Softskill : Aplikasi Android Pemesanan Warteg

Pemesanan Menu Warteg melalui  Aplikasi Android Pada dasarnya pemesanan warteg pada saat ini hanya bergantung pada sumber daya manusia. S...