Minggu, 08 Oktober 2017

Oracle VM VirtualBox



Review Aplikasi Virtual Machine “ Oracle VM VirtualBox “


Oracle VM VirtualBox merupakan salah satu aplikasi dari Virtual Machine. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Oracle VM Virtual Machine, sebaiknya kita bahas sedikit tentang apa itu Virtual Machine.

Apa itu Virtual Machine?
Virtual Machine atau Mesin Virtual dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli tanpa ada tambahan hardware aslinya. Seperti didefinisikan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974 yang menyatakan bahwa Virtual Machine (VM) merupakan sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli. Jadi, kita bisa mensimulasikan perangkat keras tanpa ada perangkat keras aslinya. 

Apa saja kegunaan dari Virtual Machine?
Yang pertama adalah untuk mencoba sistem operasi, dengan adanya Virtual Machine kamu dapat mencoba sistem operasi seperti Windows atau Linux. Kamu bisa mencoba sistem operasi tersebut tanpa menguninstall sistem operasi yang kamu pakai sekarang, ini mirip dengan dual boot namun lebih fleksibel. Jika sudah tidak dibutuhkan lagi dari Virtual Machine tersebut, maka kita bisa menghapusnya saja. Yang kedua adalah untuk menguji coba software yang belum kita kenal keamanannya apakah itu aman untuk komputer kita atau tidak, kita bisa menginstalnya di Virtual Machine dahulu lalu jika aman kita bisa install software tersebut di komputer utama kita.

Nah, itu sedikit uraian tentang Virtual Machine yang perlu kita ketahui sebelum kita membahas sofwarenya. Software yang akan kita bahas kali ini adalah Oracle VM VirtualBox.

Apa itu Oracle VM VirtualBox?
Oracle VM VirtualBox merupakan perangkat lunak virtualisasi yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Maksudnya adalah sofware ini berfungsi untuk menambah sistem operasi yang ada di komputer kita dengan sistem operasi yang lain.
 Contohnya, komputer kita menggunakan sistem operasi Windows dan kita ingin mencoba sistem operasi Linux. Kita tidak perlu mengganti sistem operasi kita dengan Linux, hanya menambahkannya saja dengan software Oracle VM VirtualBox dan jika kita sudah bosan atau tidak memerlukannya lagi, bisa dihapus sistem operasi tersebut.
Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris.

Sejarah Oracle VM VirtualBox

VirtualBox pada awalnya dikembangkan oleh Innotek GmbH dari Weinstadt, Jerman dengan lisensi perangkat lunak berpemilik, membuat satu versi produk yang tersedia tanpa biaya untuk penggunaan pribadi atau untuk evaluasi berdasarkan pada VirtualBox Personal Use and Evaluation License (PUEL). Pada Januari 2007, berdasarkan pada LiSoG, Innotek GmbH merilis VirtualBox Open Source Edition (OSE) sebagai perangkat lunak open-source gratis, yang berada dibawah persyaratan GNU General Publik License (GPL) versi 2.
Pada Februari 2008, Sun Microsystem mengakuisisi Innotek. Lalu Oracle Corporation mengakuisisi Sun pada Januari 2010 dan merekayasa ulang produk tersebut sebagai “Oracle VM VirtualBox”. 

Lingkungan Emisi VirtualBox

Pengguna VirtualBox dapat memuat beberapa OS guest di bawah sistem operasi host tunggal (host OS). Setiap guest dapat dimulai, dijeda dan berhenti secara mandiri di dalam mesin virtualnya sendiri (VM). Pengguna dapat secara independen mengkonfigurasi setiap VM dan menjalankannya di bawah pilihan virtualisasi berbasis perangkat lunak atau virtualisasi bantuan perangkat keras jika perangkat keras utama yang mendasari mendukung ini. OS host dan OS guest, aplikasi dapat berkomunikasi satu sama lain melalui sejumlah mekanisme termasuk clipboard umum dan fasilitas jaringan virtual. VM guest juga bisa langsung berkomunikasi satu sama lain jika dikonfigurasi untuk melakukannya.
-          Software berbasis virtualisasi
Dengan tidak adanya virtualisasi dengan bantuan perangkat keras, VirtualBox menerapkan pendekatan virtualisasi berbasis perangkat lunak standar. Mode ini mendukung OS guest 32-bit yang berjalan pada deringan 0 dan 3 arsitektur cincin Intel.
VirtualBox menggunakan CSAM dan PATM untuk memeriksa dan menambal instruksi yang menyinggung setiap kali terjadi kesalahan. VirtualBox juga berisi recompiler dinamis, berdasarkan QEMU untuk mengkompilasi ulang mode nyata atau kode mode yang dilindungi sama sekali (misalnya kode BIOS, tamu DOS, atau startup sistem operasi)

-          Virtualisasi dibantu hardware
VirtualBox mendukung kedua Intel VT-x dan AMD-V hardware-virtualisasi. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, VirtualBox dapat menjalankan setiap VM tamu di ruang alamatnya yang terpisah; OS guest ring ring 0 berjalan pada host pada ring 0 di mode non-root VMX daripada di ring 1.
VirtualBox mendukung beberapa guest (termasuk guest 64-bit, guest SMP dan beberapa OS berpemilik tertentu) hanya di host dengan virtualisasi bantuan perangkat keras.
.
Fungsi dari Virtualbox :
  1. Mencoba sistem operasi yang berbeda dengan operating system utama
Mencoba sistem operasi yang belum pernah kita gunakan dan dapat belajar menggunakan sistem operasi yang lain selain sistem operasi yang dipakai, dan juga tidak akan mengganggu sistem operasi utama.
  1. Mencoba sistem operasi yang baru rilis atau masih dalam tahap uji
Semakin berkembangnya waktu, semakin berkembang pula tekhnologi yang tercipta. Sistem operasi pun mengalami perkembangan menjadi sistem operasi yang lebih mumpuni kinerjanya dari versi yang sebelumnya. Dengan VirtualBox kita bisa test sistem operasi yang baru rilis atau dalam tahap uji, bisa sebagai bahan evaluasi atau bisa kita coba kinerjanya, apakah sistem operasi yang baru dapat berjalan dengan baik sesuai dengan spesifikasinya atau tidak.
  1. Mencoba untuk membuat sebuah simulasi jaringan
Mencoba untuk membuat simulasi jaringan dengan VirtualBox akan lebih mudah, dengan virtualisasinya yang fleksibel dan mudah untuk dipelajari juga.
  1. Mungkin juga untuk mencoba simulasi menguji sebuah security, entah itu OS ataupun website
Manfaat Menggunakan Virtualbox :
  1. Dapat bermanfaat bagi kaum awam untuk belajar menginstall sistem operasi, tanpa perlu mengubah atau mengcopykan data data yang ada di hardisk
  2. Dapat menginstall beberapa sistem operasi secara cuma-cuma tanpa harus mempermanent-kannya ke dalam hardisk
  3. Hemat uang, dalam arti tidak perlu membeli hardware-hardware atau computer baru untuk memakai banyak operating system

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Softskill : Aplikasi Android Pemesanan Warteg

Pemesanan Menu Warteg melalui  Aplikasi Android Pada dasarnya pemesanan warteg pada saat ini hanya bergantung pada sumber daya manusia. S...