Jumat, 05 Januari 2018

Seminar dan Workshop Froze 2017



SEMINAR DAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN
FROZE 2017

Salah satu kegiatan mahasiswa dalam menambah wawasannya adalah dengan mengikuti sebuah seminar ataupun workshop. Dengan mengikuti seminar maupun workshop, diharapkan mahasiswa dapat mengambil sejumlah manfaat yang didapatkan dari kegiatan positif tersebut, salah satu tujuan utamanya yaitu menambah pengetahuan, sementara dengan adanya workshop yang diikuti akan menambah keterampilan mahasiswa.

Pada kesempatan ini, penulis akan membahas tentang seminar dan workshop yang penulis ikuti beberapa waktu lalu. Kegiatan yang diadakan yaitu seminar dan workshop, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Desember 2017. Seminar dan workshop bertempat di Gedung Serbaguna, Politeknik Negeri Jakarta. Kegiatan yang diadakan berjudul “ Seminar & Workshop Kewirausahaan Froze 2017”. 

Kegiatan dilakukan menjadi dua sesi, yang pertama adalah seminar. Seminar yang diadakan betema kewirausahaan dan pengenalan kepada Arduino. Pembicara pada seminar kali ini adalah Bramantyo Eko Pramudito (CEO dari Wayang Apparel) dan Bpk. Adiatmo Rahardi. Seminar dimulai kurang lebih pukul 08.30 WIB, dengan Bramantyo Eko Pramudito sebagai pembicara pertama. Beliau merupakan seorang CEO dari Wayang Apparel yang merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang tekstil, yaitu membuat berbagai macam kaos jersey. Bramantyo Eko Pramudito merupakan seorang pengusaha muda yang bisa kita ambil hikmah dari kisahnya menjadi pengusaha yang telah jatuh bangun sehingga sekarang bisa membuka sebuah usaha dibidang tekstil. 

Menjadi seorang pengusaha merupakan keinginan setiap orang yang tidak mau bekerja dengan terikat dengan orang lain, intinya seorang pengusaha mempunyai kebebasan dalam bekerja dengan kepuasan tersendiri dengan hasilnya. Rasa ingin membuka usaha / menjadi pengusaha berasal dari diri sendiri, umumnya alasan yang diberikan dari beberapa pengusaha yaitu ingin menambah uang jajan (biasanya bagi calon pengusaha yang seorang pelajar atau mahasiswa), lalu ada juga yang ingin kaya raya (setiap orang pasti mau dong punya banyak uang), ingin mandiri tidak mau menyusahkan orang tua dan ingin membahagiakan orang tua, dan berbagai alasan lainnya yang mendasari seseorang untuk memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha.

 Inti untuk menjadi pengusaha adalah anda harus tekun dan ulet dalam menjalankan bisnis, jika kita menjalankan bisnis dengan setengah hati maka usaha yang kita jalankan tidak akan berhasil. Jangankan sukses untuk dapat uang banyak, usaha berjalan pasti banyak rintangan. Salah satu pokok dalam usaha adalah modal, tanpa modal kita tidak akan bisa membeli bahan yang akan kita buat usaha. Salah satu tips dari ka Bramantyo untuk mendapatkan modal adalah dengan mengajak teman untuk berinvestasi, uang yang digunakan mulai dari Rp. 5.000 – Rp. 20.000 , dengan dipercayakan bahwa kita akan menggantinya jika usaha yang kita buka bisa berjalan lancar. Menjadi penguhasa tidaklah selamanya lancer jaya, adakalanya saat usaha sedang majunya, tiba – tiba ada kendala dalam bagian marketing, ataupun miskomunikasi antar pekerja dalam menerima pesanan (order). Menjadi pengusaha tidak hanya berusaha secara giat saja, harus dibarengi dengan adanya doa dan mensyukuri apa yang telah kita dapat kepada Allah SWT.

Pembicara kedua yaitu Bpk. Adiatmo Rahardi, beliau merupakan pendiri Komunitas Robotik Indonesia. Dalam seminarnya beliau memperkenalkan tentang Arduino. Beliau juga bercerita tentang keseruannya dalam menggeluti bidang robotika, sampai timnya mendapatkan dana dari kedutaan Amerika untuk melakukan penelitian dibidang robotika. 


Pada sesi kedua yaitu sekitar pukul 13.00, mulai diadakan workshop, yaitu membuat LED cube 3x3x3 dengan menggunakan Arduino Nano. Saat workshop, peserta dibagi menjadi 7 kelompok, dimana setiap kelompoknya berisi 10 peserta, didampingi oleh 2 kaka pengampu untuk mengajarkan mulai dari penggunaan solder


yang benar agar saat menyolder komponen, komponen tidak rusak karena terlalu panas. Workshop selesai sekitar pukul 14.30 WIB, dan dilanjutkan sesi foto bersama dengan Bpk. Adi dan staf pengampu serta peserta workshop.


Sekian pembahasan seminar dan workshop kali ini, hikmah yang dapat kita ambil adalah tidak ada ilmu yang tidak berguna, dan carilah pengetahuan sebanyak-banyaknya agar kita bisa menghadapi dan mengikuti perkembangan zaman dan tekhnologi yang ada. Mohon maaf bila terdapat banyak kekurangan saat pembahasan. Terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Softskill : Aplikasi Android Pemesanan Warteg

Pemesanan Menu Warteg melalui  Aplikasi Android Pada dasarnya pemesanan warteg pada saat ini hanya bergantung pada sumber daya manusia. S...